Pengertian Total Harmonic Distortion

Posted: Juli 23, 2010 in teknik elektro

Total Harmonic Distortion atau THD adalah penguat atau pra-penguat spesifikasi yang membandingkan sinyal output dari penguat dengan sinyal input dan mengukur tingkat perbedaan dalam frekuensi yang harmonis antara keduanya. Perbedaannya disebut distorsi harmonik total. Musik terbuat dari frekuensi fundamental dan harmonis. Sebagai contoh, biola memainkan catatan tengah adalah menghasilkan frekuensi fundamental dari 440Hz atau siklus per detik. Hal ini juga mereproduksi harmonisa dari frekuensi yang merupakan kelipatan dari frekuensi dasar, seperti 880Hz, 1220Hz, 1760Hz dan sebagainya. Setiap frekuensi harmonik yang lebih rendah di tingkat atau volume daripada fundamental, tetapi mereka melayani untuk memberikan suara setiap instrumen yang unik. Sebuah piano memainkan catatan C sama tengah biola masih terdengar seperti piano karena frekuensi fundamental ditambah frekuensi harmonik nya. Ketika distorsi harmonik total amplifier diukur, perbedaan tingkat harmonisa pada tahap output amp dibandingkan dengan tingkat harmonisa pada tahap masukan, dan perbedaan adalah tingkat distorsi.

Total distorsi harmonik diukur sebagai persentase, seperti 0,004 THD%. Ini berarti bahwa tingkat distorsi harmonik adalah 0,004% dari sinyal output total. persentase lebih rendah lebih baik.

Pada kenyataannya, distorsi harmonik total hampir tidak kelihatan ke telinga manusia. Setiap komponen menambahkan beberapa tingkat distorsi, tapi distorsi yang paling tidak signifikan dan perbedaan kecil dalam spesifikasi antara komponen berarti apa-apa. Beberapa komponen telah distorsi sangat rendah tidak dapat diukur secara akurat. Mendengarkan dan mengevaluasi komponen karakteristik suara adalah cara yang paling penting untuk menilai suatu produk. pertimbangan lain, seperti ruangan akustik dan memilih speaker yang tepat lebih penting daripada persentase total distorsi harmonik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s