Cara Kerja Proses Cockcorft Walton

Posted: Oktober 7, 2010 in teknik elektro

Pengali tegangan arus searah Cockcorft Walton ialah suatu alat penyearah tegangan arus bolak-balik menjadi arus searah.Dengan berbagai keluaran dengan tegangan 1,2,3……,n kali tegangan puncak dari arus bolak-balik yang masuk, tetapi juga telah disebutkan dalam banyak pustaka, bahwa untuk n yang besar ternyata tidak dapat dihasilkan benar-benar n kali, melainkan lebih kecil.

Untuk mempelajari langkah-langkah kerja yang paling awal dan seterusnya,dapat digambarkan dengan cara yang termudah dengan meninjau saat- saat mencapai tegangan puncak ,Vp : yaitu pada saat keadaan jenuh dalam kondensator dan terjadi keseimbangan tegangan pasif telah sama besar kondensator C1 terisi jenuh mencapai juga Vp, yaitu tegangan pasif. Kedua tegangan aktif dan pasif, sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga terjadi tengan seimbang. Sedangkan jalan zigzag ke atas tak ada yang menghambat. Kondensator-kondensator yang lain tidak dapat diisi, karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian terjadi karena ada beda tegangan.

Pada langkah kerja ke dua pada sistem Cockcroft – Walton, pada gulungan sekunder transformator mengarah keatas dan mencapai tegangan puncak, Vp ; dan kondensator C2 terisi jenuh mencapai 2Vp, yaitu tegangan pasif. tegangan aktif yang mendorong berasal dari sisi sekunder transformator keatas, ditambahkan dengan C1. Jumlah tegangan aktif yang terjadi 2Vp. Kedua tegangan aktif dan pasif, sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga tegangan seimbang terjadi. Sedangkan jalan zigzag keatas tak ada yang menghambat. Kondensator-kondensator yang lain tidak dapat diisi, karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian hanya dapat terjadi, jika ada beda tegangan.

Pada langkah kerja ketiga pada sistem Cockworf-Walton,pada gulungan sekunder trnasformastor mengarah kebawah dan mencapai tegangan puncak, Vp ;dan kondensator C3 terisi jenuh mencapai 2Vp, yaitu tegangan pasif. Tegangan aktif yang mendorong berasal dari sisi sekunder transformator ke bawah, ditambah dengan C2. Jumlah tegangan aktif yang terjadi 3Vp.Kedua tegangan aktif dan pasif, sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga tegangan seimbang terjadi. Sedangkan jalan Zigzag ke atas tak ada yang menghambat.Kondensator –kondensator yang lain tidak dapat diisi, karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian hanya dapat terjadi jika ada beda tegangan.

Pada langkah kerja ke empat pada sistem Cockcroft Walton, pada gulungan sekunder tansformator mengarah keatas dan mencapai tegangan puncak Vp ; dan kondensator C4 terisi jenuh mencapai 2Vp, yiatu tegangan pasif.Tegangan aktif yang mendorong berasal dari sisi sekunder transformator ketas, ditambah dengan C1+C3. Jumlah tegangan aktif  yang terjadi 4Vp, Kedua tegangan aktif dan pasif sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga tegangan seimbang terjadi. Sedangkan jalan zigzag keatas tak ada yang menghambat . Kondensator – kondensator yang lain tidak dapat diisi, karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian hanya terjadi jika ada beda tegangan.

Langkah ke lima pada sistem Cockcorf Walton ,pada gulungan sekunder transformator mengarah kebawah dan mencapai tegangan puncak, Vp dan kondensator C5 terisi jenuh mencapai 2Vp, yaitu tegangan pasif. Tegangan aktif yang mendorong berasal dari sisi sekunder transformator ke bawah, ditambah dengan C2+C4. Jumlah tegangan aktif yang terjadi 5Vp. Kedua tegangan aktif dan pasif sama besar tetapi berlawanan arah, sehingga tegangan seimbang terjadi.Sedangkan jalan zigzag keatas tak ada yang menghambat. Kondensator-kondensator yang lain tidak dapat diisi, karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian hanya dapat terjadi jika ada beda tegangan.

Langkah kerja ke enam pada sistem cockcroft Walton pada gulungan sekunder transformator mengarah keatas dan mencapai tegangan puncak Vp dan kondensator C5 terisi jenuh mencapai 2Vp, yaitu tegangan pasif .Tegangan aktif yang mendorong berasal dari sisi sekunder transfomator keatas ditambah dengan C1+C3+C5.Jumlah tegangan aktif yang terjadi 6Vp.Kedua tegangna aktif dan pasif, sama besar tetapi berlawanan arah. Sehingga tegangan seimbang terjadi. Sedangkan jalan zigzag keatas tak ada yang menghambat.Kondesator-kondensator yang lain tidak dapat diisi karena tegangan kedua sisinya sama. Pengisian hanya dapat terjadi, jika ada beda tegangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s